Saturday, June 23, 2007

Ayam Goreng Padang


Khasnya adalah banyak remahnya, enak banget kalau dicocol nasi anget.
Biasanya pake laos agak banyak tapi kalau saya buatnya banyakin kemiri ama bawang merah, maklum kurang suka rasa dan bau laos.

Ingredients:
1 kg paha bawah ayam (boleh bagian mana saja dari ayam)
1 sdm garam
1 sdt gula
1/2 sdm ketumbar halus

bumbu yang dihaluskan :
1/4 kg bawang merah
5 siung bawang putih
20 butir kemiri
2 cm jahe
1 cm kunyit
2 cm laos muda

rempah daun :
5 lembar daun jeruk
2 batang sere

Directions:
Haluskan bumbu lalu tumis dengan garam, gula, ketumbar dan rempah daun.
Bila sudah mulai "lepas" (maksudnya minyak dengan bumbunya mulai terpisah, masukkan ayamnya.
Aduk2 sampai ayam matang, jangan diberi air, biasanya akan keluar sendiri airnya.
Angkat dan pisahkan bumbunya.

Goreng ayam hingga hampir matang, masukkan bumbunya, goreng sehingga semua bahan matang.
Angkat ayam dan dengan serok/saringan halus, saring minyaknya, remahnya agar terangkat.
Hidangakan dengan nasi panas dan sambal bajak.


7 Comments:

At 1:01 AM, Blogger oline said...

Mbak Esther, aku udah coba masak ini, emang enak mbak..
Makasih ya udah mau share resep buat orang yg ga bisa masak kaya aku hehehe..
Suamiku seneng banget masakan ini.

Salam kenal,
Kharolin

 
At 6:06 PM, Anonymous Anonymous said...

Salam kenal Ummi Esther. Aku tertarik banget dgn resep2 & infonya. Bermanfaat sekali bagi aku yang masih pemula. Aku copy ya, biar masakanku di rumah lebih bervariasi lagi. Thx b4

 
At 10:05 AM, Anonymous Anonymous said...

salam kenal juga Kharoline...
ikut seneng kalau suamiku suka...
salam dari AD

 
At 10:08 AM, Blogger Bunda Estherlita said...

salam kenal juga Pipit....
Syukurlah kalau bermanfaat, semoga betah jalan2 dirumah maya ku....

salam dari AD...

 
At 4:30 AM, Blogger Abu Abdirrahman Arrayyan said...

Salam kenal Bu,
Mau nanya, gimana kalau si ayam itu gak perlu dimasak dulu sebelum digoreng, alias si ayam mentah itu di marinade (lumuri) bumbu dulu, didiamkan sekitar 1 jam, lalu digoreng langsung. Saya pernah melihat dapur restoran padang. Ngeliat ayamnya sedang direndam bumbu, terus langsung digoreng.
Btw, saya ada resep terong sumbat lho. Silakan kunjungi kami di http://choco-cute.blogspot.com

 
At 9:30 AM, Blogger Alvin_Ophink said...

Ass...Bunda Esther, aku minta ijin dong mau print/copy resepnya.....boleh ga...????

 
At 8:53 AM, Anonymous Anonymous said...

halloooo....kayaknya enak banget...bole aku minta resepnya di emailku? eunikeks@yahoo.com

makasih banget ya

 

Post a Comment

<< Home